Pages

Subscribe:

Kamis, 22 Maret 2012

Komunikasi Publik Dan KOmunikasi Massa

         KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI MASSA
Pengertian Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
Komunikasi publik dan komunikasi massa adalah situasi dimana pesan diciptakan dan disebarkan kepada:
    1. Jumlah audiens yang relatif besar.
    2. Nara sumber dan penerima pesan tidak salin kenal secara pribadi.
    3. Direncanakan, diperhitungkan dan formal.
    4. Sumber pesan terkendali.
    5. Umpan balik terbatas.
    6. Terpusat pada sumber.
Peran Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
          Menciptakan, mengabadikan dan merubah budaya.
          Sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintahan dan komunitas bisnis merupakan tempat-tempat dimana banyak dilakukan komunikasi publik.
          Komunikasi massa berfungsi sama dengan komunikasi publik, tetapi dampak lebih luas, aliran informasi lebih cepat, dan penggandaan informasi lebih banyak.
          Pidato adalah bagian dari Presentasi
          Persiapan Pidato:
          Menciptakan pidato
          Presentasi
          Menyusun argument
          Gunakan Fakta
          Gunakan alat bantu visual
v Komunikasi Publik :
Pidato dan Presentasi
Persiapan Presentasi:
1.       Persiapan pidato
Ø  Seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Ø  Latihan
Ø  Mengukur waktu presentasi, penggunaan alat tehnologi pendukung.
2.       Persiapan lanjut
Ø  Penyesuaian waktu bila presentasi terlalu panjang, volume suara, volume suara.
3.       Elemen presentasi lain
Ø  Baju memberi kekuatan dan yang sesuai dengan topik.
v Komunikasi Publik Efektif
1.       Analisa Audiens dan Adaptasi
Ø  Usia, ras, suku, agama, kelas sosial, tingkat pendidikan, dll.
2.       Menetapkan Satu Tujuan dan Satu Ide
Ø  Batasi topik, satu ide besar, makna jelas (tidak menimbulkan interpretasi ganda)
3.       Menyusun Argumen
Ø  Dapat menggunakan daya tarik emosional atau daya tarik sebab akibat.
4.       Gunakan Fakta
5.       Gunakan Alat Bantu Visual
6.       Atasi Rasa Grogi
Memahami Komunikasi Massa
          Komunikasi massa adalah perluasan dari komunikasi publik.
          Komunikasi berkait erat dengan masalah ekonomi dan dampak sosial.
Ø  Produksi berita, iklan, kampanye politik atau lainnya melibatkan uang besar.
Ø  Kecepatan dan luas cakupan media massa menimbulkan dampak yang lebih besar dibanding media lain.    
Produksi, Distribusi dan Konsumsi
          Produksi mengacu pada: penciptaan, pengumpulan, pengemasan, dan pengemasan ulang informasi.
          Distribusi berkaitan dengan pepindahan produk komunikasi massa dari titik pdoduksi ke titik konsumsi.
           Konsumsi mengacu pada: penggunaan dan dampak bagi seseorang, suatu hubungan, kelompok, organisasi atau masyarakat.
Ø   Bagi masyarakat, dampak dapat berupa dampak sosial, politikal, kultural, ekonomi dan tehnologi.
Empat Fungsi Dasar Komunikasi Massa
  1. Pengawasan
Ø  Memberi peringatan kepada penguasa negara, masyarakat, organisasi, maupun individu.
  1. Penghubung
  2. Sosialisasi – penyebarluasan
  3. Hiburan
Perluasan Fungsi Komunikasi Massa
  1. Mengemas dan mendistribusikan budaya.
Ø  Melalui berita, iklan, hiburan, penerangan, tentang segala hal, budaya dikemas dan disebarkan pada masyarakat.
  1. Fungsi mempopulerkan dan mengesahkan.
Ø  Melalui media, sebuah konsep menjadi populer dan seakan menjadi benar dalam masyarakat.
  1. Fungsi mengkomersilkan.
Ø  Komunikasi massa memainkan peran penting dalam mengkomersilkan artis, merek, objek seni, musik dan unsur budaya lain.
  1. Kontak Sosial dan Rasa Kebersamaan.
Ø   Menjadi teman saat kita sendiri sehingga tidak merasa kesepian.
Dampak Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
  1. Sudut Pandang Komunikator/Produser
Ø  Produser/komunikator/media adalah pihak yang aktif memberikan pengaruh pada audiens.
Ø  “Kampanye media membuat dia menjadi pemenang”. 
  1. Sudut Pandang Audiens/Konsumen.
Ø  Audiens adalah pihak yang aktif mengendalikan pengaruh media.
Ø  “Ketika siaran televisi berisi kampanye politik, saya segera mematikannya.”
  1. Penggunaan Dan Pemenuhan Kebutuhan
Ø  Media menyediakan informasi, audiens memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
Dampak Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
  1. Sudut Pandang Komunikator/Produser
Ø  Produser/komunikator/media adalah pihak yang aktif memberikan pengaruh pada audiens.
Ø  “Kampanye media membuat dia menjadi pemenang”. 
  1. Sudut Pandang Audiens/Konsumen.
Ø  Audiens adalah pihak yang aktif mengendalikan pengaruh media.
Ø  “Ketika siaran televisi berisi kampanye politik, saya segera mematikannya.”
  1. Penggunaan Dan Pemenuhan Kebutuhan
Ø  Media menyediakan informasi, audiens memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

1 komentar: