KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI MASSA
Pengertian Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
Komunikasi publik dan komunikasi massa adalah situasi dimana pesan diciptakan dan disebarkan kepada:
- Jumlah audiens yang relatif besar.
- Nara sumber dan penerima pesan tidak salin kenal secara pribadi.
- Direncanakan, diperhitungkan dan formal.
- Sumber pesan terkendali.
- Umpan balik terbatas.
- Terpusat pada sumber.
Peran Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
• Menciptakan, mengabadikan dan merubah budaya.
• Sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintahan dan komunitas bisnis merupakan tempat-tempat dimana banyak dilakukan komunikasi publik.
• Komunikasi massa berfungsi sama dengan komunikasi publik, tetapi dampak lebih luas, aliran informasi lebih cepat, dan penggandaan informasi lebih banyak.
• Pidato adalah bagian dari Presentasi
• Persiapan Pidato:
• Menciptakan pidato
• Presentasi
• Menyusun argument
• Gunakan Fakta
• Gunakan alat bantu visual
v Komunikasi Publik :
Pidato dan Presentasi
Persiapan Presentasi:
1. Persiapan pidato
Ø Seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Ø Latihan
Ø Mengukur waktu presentasi, penggunaan alat tehnologi pendukung.
2. Persiapan lanjut
Ø Penyesuaian waktu bila presentasi terlalu panjang, volume suara, volume suara.
3. Elemen presentasi lain
Ø Baju memberi kekuatan dan yang sesuai dengan topik.
v Komunikasi Publik Efektif
1. Analisa Audiens dan Adaptasi
Ø Usia, ras, suku, agama, kelas sosial, tingkat pendidikan, dll.
2. Menetapkan Satu Tujuan dan Satu Ide
Ø Batasi topik, satu ide besar, makna jelas (tidak menimbulkan interpretasi ganda)
3. Menyusun Argumen
Ø Dapat menggunakan daya tarik emosional atau daya tarik sebab akibat.
4. Gunakan Fakta
5. Gunakan Alat Bantu Visual
6. Atasi Rasa Grogi
Memahami Komunikasi Massa
• Komunikasi massa adalah perluasan dari komunikasi publik.
• Komunikasi berkait erat dengan masalah ekonomi dan dampak sosial.
Ø Produksi berita, iklan, kampanye politik atau lainnya melibatkan uang besar.
Ø Kecepatan dan luas cakupan media massa menimbulkan dampak yang lebih besar dibanding media lain.
Produksi, Distribusi dan Konsumsi
• Produksi mengacu pada: penciptaan, pengumpulan, pengemasan, dan pengemasan ulang informasi.
• Distribusi berkaitan dengan pepindahan produk komunikasi massa dari titik pdoduksi ke titik konsumsi.
• Konsumsi mengacu pada: penggunaan dan dampak bagi seseorang, suatu hubungan, kelompok, organisasi atau masyarakat.
Ø Bagi masyarakat, dampak dapat berupa dampak sosial, politikal, kultural, ekonomi dan tehnologi.
Empat Fungsi Dasar Komunikasi Massa
- Pengawasan
Ø Memberi peringatan kepada penguasa negara, masyarakat, organisasi, maupun individu.
- Penghubung
- Sosialisasi – penyebarluasan
- Hiburan
Perluasan Fungsi Komunikasi Massa
- Mengemas dan mendistribusikan budaya.
Ø Melalui berita, iklan, hiburan, penerangan, tentang segala hal, budaya dikemas dan disebarkan pada masyarakat.
- Fungsi mempopulerkan dan mengesahkan.
Ø Melalui media, sebuah konsep menjadi populer dan seakan menjadi benar dalam masyarakat.
- Fungsi mengkomersilkan.
Ø Komunikasi massa memainkan peran penting dalam mengkomersilkan artis, merek, objek seni, musik dan unsur budaya lain.
- Kontak Sosial dan Rasa Kebersamaan.
Ø Menjadi teman saat kita sendiri sehingga tidak merasa kesepian.
Dampak Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
- Sudut Pandang Komunikator/Produser
Ø Produser/komunikator/media adalah pihak yang aktif memberikan pengaruh pada audiens.
Ø “Kampanye media membuat dia menjadi pemenang”.
- Sudut Pandang Audiens/Konsumen.
Ø Audiens adalah pihak yang aktif mengendalikan pengaruh media.
Ø “Ketika siaran televisi berisi kampanye politik, saya segera mematikannya.”
- Penggunaan Dan Pemenuhan Kebutuhan
Ø Media menyediakan informasi, audiens memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
Dampak Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
- Sudut Pandang Komunikator/Produser
Ø Produser/komunikator/media adalah pihak yang aktif memberikan pengaruh pada audiens.
Ø “Kampanye media membuat dia menjadi pemenang”.
- Sudut Pandang Audiens/Konsumen.
Ø Audiens adalah pihak yang aktif mengendalikan pengaruh media.
Ø “Ketika siaran televisi berisi kampanye politik, saya segera mematikannya.”
- Penggunaan Dan Pemenuhan Kebutuhan
Ø Media menyediakan informasi, audiens memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.